News Details

9 Pasien Covid-19 Sembuh, Masyarakat Diminta Tetap Disiplin Pakai Masker

KLATEN- Meskipun saat ini masih terjadi penambahan kasus di Kabupaten Klaten, tetapi hari ini Jumat (26/6) sebanyak 9 pasien Covid-19 di Klaten resmi dinyatakan sembuh. Berita kesembuhan tersebut bak angin segar bagi penanganan Covid-19 di Kabupaten Klaten. 

Kesembuhan pasien tersebut, delapan diantaranya pasien asal Kecamatan Klaten Tengah yang dirawat di RS JIH Yogyakarta. Satu lainnya merupakan warga  Kecamatan Ceper yaitu laki-laki berusia 28 tahun berinisial RAZ yang dirawat di RSD Bagas Waras.

Meskipun demikian, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (PP) Covid-19  Kabupaten Klaten Sri Mulyani menegaskan bahwa masyarakat harus memakai masker ketika beraktivitas diluar rumah.

"Dengan adanya kesembuhan  9 orang pada hari ini, tentunya patut kita syukuri juga jadi pelajaran karena virus Corona ada disekitar kita. Maka kita harus displin pakai masker, cuci tangan pakai sabun dan jaga jarak, itu cara yang paling mudah untuk memutus mata rantai penularan virus" terang Sri Mulyani saat memberikan keterangan resmi di RSD Bagas Waras, Jumat (26/6)

Terlebih lagi di hari ini, imbuh Sri Mulyani, masih terjadi penambahan kasus Covid-19 di Kabupaten Klaten. Satu pasien baru tersebut merupakan warga Kecamatan Tulung yang memiliki aktivitas pekerjaan di Kota Semarang. Pasien laki-laki berusia 40 tahun berinisial FWB tersebut kini tengah menjalani perawatan di RSUD Pandanaran Boyolali.

Melihat fakta yang ada, sudah seharusnya masyarakat disiplin dalam menerapkan protokol pencegahan Covid-19. Termasuk untuk mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah dengan dibarengi menerapkan cuci tangan pakai sabun dan jaga jarak. Langkah-langkah tersebut merupakan cara sederhana untuk melindungi diri agar tidak tertular Covid-19.

Sri Mulyani menegaskan bahwa akan ada sanksi bagi masyarakat yang tidak menggunakan masker ketika beraktivitas luar rumah yaitu berupa KTP akan ditahan. Sanksi tersebut akan diterapkan mulai 1 Juli 2020 mendatang.

"Sehingga ini menjadi kebijakan kita bersama tentunya warga masyarakat untuk bisa mendukung, mentaati dan disiplin dengan himbauan gugus tugas maupun Pemkab Klaten sehingga  memutus mata rantai penyebaran virus ini akan bisa kita lakukan bersama dengan rasa guyub rukun dan gotong royong mari sama-sama lawan Covid-19 di Klaten ini" pungkasnya.

Sebagai informasi, berdasarkan laman awasicorona.klatenkab.go.id pada Jumat (26/6) jumlah positif kumulatif di Klaten kini mencapai 57 orang.

Penulis Diskominfo Klaten

Ir. H. Joko Widodo

Masyarakat disarankan untuk mengenakan masker kain yang dapat dicuci dan dikenakan berkali-kali. Untuk masker medis seperti masker bedah dan N-95 saat ini dipriotiraskan bagi dokter dan paramedis.

Konsultasikan jika mengalami gejala.

Bantu program ini dengan cara konsultasi apabila mengalami gejala, sayangilah keluarga dan saudara anda.