News Details

Bermodal Patungan, Titik Isolasi Terpusat Karangdowo Melayani 8 Pasien Covid

KLATEN - Seluruh kepala desa di Kecamatan Karangdowo, Klaten kompak bergotong royong patungan mewujudkan titik isolasi terpusat. Bertempat di bekas bangunan SD di Desa Pugeran, titik isolasi  terpusat satu-satunya di Kecamatan Karangdowo itu kini bisa menampung dan melayani 8 pasien yang terkonfirmasi positif covid 19.


Dikatakan Camat Karangdowo Tomisila Adhitama saat ditemui Selasa malam (13/07/21) menjelaskan kalau titik isolasi terpusat Pugeran diwujudkan berkat semangat gotong royong para kepala desa dan potensi masyarakat. Walaupun masih terbatas, yang terpenting segera bisa membantu warga dan mengendalikan virus penyebaran agar tidak meluas.


"Para kades gotong royong mas. Bahkan ada potensi masyarakat yang menyumbang sampai 24 juta. Donasi itu diwujudkan tempat tidur, kasur, televisi, kipas angin dan drink jar. Itu dimaksudkan agar pasien tetap bisa nyaman selama menjalani isolasi" jelas Tomi.


Pria lulusan STPDN angkatan 1993 itu menuturkan untuk pelayanan di isolasi terpusat Pugeran tetap diupayakan yang terbaik. Keterbatasan itu terkait obat dan alat medis pendukung.


"Pasien tetap dapat jatah makan tiga kali sehari. Ditambah makanan ringan, sirup dan buah. Untuk pemantauan kesehatan di bawah pengawasan bidan setempat. Hanya di sini belum ada obat - obatan dan tabung oksigen" pungkas Tomi disela sela persiapan pelaksanaan pemantauan malam PPKM Darurat bersama TNI Polri setempat didampingi tim pemantau dari kabupaten yang diwakili 3 personil Dinas Kominfo Klaten.


Penulis Joko Priyono Dinas Kominfo Klaten

Ir. H. Joko Widodo

Masyarakat disarankan untuk mengenakan masker kain yang dapat dicuci dan dikenakan berkali-kali. Untuk masker medis seperti masker bedah dan N-95 saat ini dipriotiraskan bagi dokter dan paramedis.

Konsultasikan jika mengalami gejala.

Bantu program ini dengan cara konsultasi apabila mengalami gejala, sayangilah keluarga dan saudara anda.