News Details

CANDI SOJIWAN DAN PLAOSAN BERSIAP DIBUKA UNTUK WISATAWAN

KLATEN- Memasuki tatanan baru, dua kawasan wisata candi yakni Candi Plaosan dan Candi Sojiwan di Kabupaten Klaten gelar simulasi wisata pada Rabu ( 02/09). Simulasi di bukanya tempat wisata ini tidak hanya untuk pengunjung saja namun diikuti seluruh petugas yang terlibat saat melayani pengunjung. Kegiatan simulasi ini dilakukan atas kerjasama  Disparbudpora Klaten dan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah.

Plt Kepala Disparbudpora Kabupaten Klaten, Sri Nugroho mengatakan Usai dilakukannya simulasi wisata ini, rencananya pada hari Sabtu (05/9) Candi Plaosan dan Candi Sojiwan akan di buka untuk pengunjung. Tetapi harus digalakkan protokol Covid-19 selama berwisata seperti mengunakan masker, cuci tangan, cek suhu, jaga jarak, dan mematuhi peraturan yang ada di tempat wisata.


Terkait aturan pengunjung di situs lokasi, Wahyu perwakilan dari BPCB Jawa Tengah menegaskan bagi pengunjung di Candi Plaosan tidak bisa masuk di Bilik utama candi, dan terkait jumlah pengunjung yang datang ke Candi Plaosan maupun Candi Sojiwan dibatasi demi mencegah penularan Covid-19. 

Sejumlah 200 tiket saja yang akan dijual dalam sehari, pengunjung yang masuk ke area candi dibatasi dan bergantian, tak hanya itu pengunjung hanya diperbolehkan berkunjung selama maksimal 30 menit saja. Rencananya kawasan wisata Candi Plaosan dan Sojiwan hanya akan melayani pengunjung dari hari Selasa sampai Minggu, untuk hari senin digunakan untuk menyemprot disinfektan di area Candi. Setelah simulasi ini akan diadakan evaluasi dan nantinya akan ada informasi lagi terkait pembukaan kedua kawasan wisata yaitu Candi Plaosan dan Candi Sojiwan.


Penulis Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

Ir. H. Joko Widodo

Masyarakat disarankan untuk mengenakan masker kain yang dapat dicuci dan dikenakan berkali-kali. Untuk masker medis seperti masker bedah dan N-95 saat ini dipriotiraskan bagi dokter dan paramedis.

Konsultasikan jika mengalami gejala.

Bantu program ini dengan cara konsultasi apabila mengalami gejala, sayangilah keluarga dan saudara anda.