News Details

DIPASANG WIFI, PELAJAR GIRPASANG KINI BISA BELAJAR DARING

KLATEN- Kabar menggembirakan bagi warga dusun Tertinggi Klaten yaitu warga Girpasang, Tegalmulyo, Kemalang, Klaten. Akhirnya jangkauan internet telah sampai di desa tertinggi di Klaten tersebut dan bisa dinikmati secara gratis dengan fasilitas wifi. Terlebih di masa pandemi Covid-19, pelajar yang ada di Girpasang tak pusing lagi membeli kuota dan harus menyebrang demi mengikuti pembelajaran online atau daring.

Jaringan internet hadir di Girpasang berkat hasil kolaborasi Kodim 0723 Klaten, Dinas Kominfo Klaten, Komunitas Scooter Klaten (KSK), Sedulur Pit Klaten, Bike To Work (B2W) Klaten, NSCC dan Youtuber Klaten dalam rangka memperingati Hari TNI yang ke-75.

Pada Sabtu (24/10) Serda Wibowo, selaku Babinsa Tegalmulyo, dusun Girpasang mengucapkan terimakasih kepada Dinas Kominfo, komunitas vespa yang telah membantu wifi dan berkolaborasi dengan Kodim 0723 Klaten. Semoga amal baik Komunitas Scooter Klaten yang dipimpin bapak Rizqan bisa bermanfaat bagi waga saya di dukuh Girpasang.

"Di masa pandemi ini dengan pembelajaran secara online mudah-mudahan warga desa kami yang duduk dibangku sekolahan tetap bisa melaksanakan pendikan secara online atau daring. Sehingga warga girpasang tidak ketinggalan informasi dan belajar secara online seperti warga desa yang lain. Mudah-mudahan Warga girpasang semakin meningkat pendidikannya dan ekonominya dengan adanya wifi bisa berdaya saing dengan warga desa yang lain" 

Pemasangan wifi ada di empat titik di desa Girpasang yaitu di puncak, gardu, sekitar masjid, dan pendopo RT. Perencanaan dalam pemasangan wifi di Girpasang terhitung cukup singkat kurang lebih hanya dua minggu saja sembari menggumpulkan dana. Dalam hal teknis pemasangan jaringan sejak senin (21/10) melakukan cek lokasi pemasangan wifi, rabu (23/10)  melakukan pemasangan perangkat accespoint PTP girpasang di Balai Desa Tegalmulyo  dan pada Sabtu (24/10) wifi dipasang di Girpasang.

Rizqan Iryawan, selaku perwakilan dari KSK sekaligus Sekretaris Diskominfo Klaten mengungkapkan pemasangan wifi ini berawal dari rekan-rekan sepeda Klaten yang mengusulkan untuk di Girpasang dipasangi jaringan internet atau wifi, karena dalam masa pandemi Covid 19.pembelajaran anak" sekolah menggunakan online. Di dusun girpasang belum ada jaringan yang masuk, sehingga adanya kolaborasi Kodim 0723, B2W, SPK, NSCC,  Kobel, Stratos, KSK,dan Youtuber berusaha untuk jaringan internet masuk ke dusun girpasang. Tak hanya itu, dukungan dari pemerintah kabupaten Klaten khususnya Diskominfo menambah pemasangan wifi ini cepat terlaksana.

"Semoga adik-adik ditaraf belajar dari SD, SMP hingga SMA yang ada di dusun Girpasang bisa belajar dengan baik. Tidak teralalu berat mencari sinyal dan juga kedepan wisata bisa didukung jaringan yang ada" Tambahnya.

Di dusun yang ditempuh harus melalui ribuan anak tangga ini, terdapat sejumlah 12 orang yang menempuh pembelajaran daring. Salah satunya Siti Suyahmi (14) siswa Kelas 9, SMP N 2 Kemalang mengaku sangat senang dan berterimakasih kepada pihak yang sudah memasang wifi di dusun Girpasang.

"Sekarang tidak usah berjalan jauh dan menyebrang lagi untuk beli kuota. Biasanya sebulan menghabiskan 10 GIGA dan harus beli dengan harga  enam puluh ribu, sekarang sudah tidak" ungkap Siti sambil menyambungkan hanphone nya dengan jaringan wifi yang telah terpasang.

Penulis Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

Ir. H. Joko Widodo

Masyarakat disarankan untuk mengenakan masker kain yang dapat dicuci dan dikenakan berkali-kali. Untuk masker medis seperti masker bedah dan N-95 saat ini dipriotiraskan bagi dokter dan paramedis.

Konsultasikan jika mengalami gejala.

Bantu program ini dengan cara konsultasi apabila mengalami gejala, sayangilah keluarga dan saudara anda.