News Details

DWP KEMENSOS RI BANTU 1000 PAKET SEMBAKO WARGA TERDAMPAK COVID DI KLATEN

KLATEN- Kementerian Sosial (Kemensos) RI hadir dan memberikan perhatian terhadap warga Kabupaten Klaten yang terdampak Covid-19. Selain telah memberikan berbagai bantuan jaring pengaman sosial, pada Jumat (9/10) Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemensos RI secara langsung hadir menyerahkan bantuan sebanyak 1000 paket sembako ‘Kemensos Hadir’ bagi warga Klaten.

Bantuan sosial paket sembako terebut merupakan bagian dari upaya Direktorat jendral Pemberdayaan Sosial Kemensos untuk penanganan Covid- 19 di Kecamatan Delanggu maupun Kabupaten Klaten.

Penasehat DWP Kemensos RI Grace Batubara beserta jajaran di lingkungan Kemensos RI mengunjungi Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten untuk menyerahkan bantuan tersebut.
Pihaknya berharap, bantuan tersebut dapat meringankan beban warga Klaten yang terdampak Covid-19

“Mudah-mudahan bisa diterima dengan baik dan bisa bermanfaat, saya bisa memahami bahwasana pandemi ini amat sangat dirasakan oleh bapak ibu saat ini tidak hanya ekonomi dan sosial” Ujarnya dihadapan para penerima bantuan.

Dikatakannya, Kemensos RI selalu berusaha untuk memberikan bantuan kepada masyarakat Indonesia yang terdampak pandemi ini. Salah satunya adalah melalui program-program jaring pengaman sosial.

Terkait penyaluran bantuan Kemensos RI untuk penanganan Covid-19 di Klaten, Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Klaten Sujarwanto Dwiatmoko mengungkapkan bahwa berbagai bantuan tersebut telah tersampaikan pada masyarakat dengan baik.

“Kami laporkan, semua bantuan dari Kemensos dalam kondisi Covid- 19 ini semua tersalurkan dengan baik” Jelas Sujarwanto

Imbuhnya, turut serta melengkapi, berbagai bantuan dari anggaran Pemprov Jateng, Pemkab Klaten maupun dana desa pada masyarakat.

“Dengan demikian apa yang diberikan dari Kemensos, Pemprov, Pemerintah Kabupaten, bahkan sampai dana desa, saling bersinergi untuk menjamin agar jaring pengaman sosial di masyarakat itu aman” kata Pjs Bupati

Penyerahan bantuan paket sembako secara simbolis bagi warga dan bantuan bagi Yayasan Rumah Nusantara yang dilakukan di Kantor Kecamatan Delanggu.

Usai kegiatan tersebut, Penasehat DWP Kemensos RI Grace Batubara langsung terjun berjalan kaki menemui beberapa warga kurang mampu yang rumahnya tak jauh dari Kantor Kecamatan Delanggu.

Salah satunya dalah Umi Sri, Ia yang berusia 65 tahun tersebut harus berjualan sate lontong guna mencukupi kebutuhan sehari-harinya. Terlebih, tempat tinggalnya pun masih mengontrak.

Diusia tersebut, Ia harus rela berjualan sate di pinggir jalan agar dagangannya habis. Bila pembeli ramai, Ia bisa mengantongi hingga 50 ribu sehari, namun tak jarang ia hanya mendapat 10- 15 ribu sehari.

“Nggih niki kulo dagang sate lontong, kahanan ngeten pancen kudu sabar (ya ini saya berjualan sate lontong, kondisi (pandemi) seperti ini memang harus sabar” ungkap Umi

Grace Batubara yang saat itu duduk disebelahnya pun turut memberikan motivasi pada Umi Sri. Penasehat DWP Kemensos RI itu pun turut memberikan bantuan pada warga tersebut, Ia juga berkoordinasi dengan pihak kecamatan setempat untuk memberikan perhatian pada warga kurang mampu tersebut.

Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten.


Ir. H. Joko Widodo

Masyarakat disarankan untuk mengenakan masker kain yang dapat dicuci dan dikenakan berkali-kali. Untuk masker medis seperti masker bedah dan N-95 saat ini dipriotiraskan bagi dokter dan paramedis.

Konsultasikan jika mengalami gejala.

Bantu program ini dengan cara konsultasi apabila mengalami gejala, sayangilah keluarga dan saudara anda.