News Details

JUM’AT BERBAGI, PEMKAB KLATEN LANJUTKAN SERAHKAN BANTUAN DI 6 KECAMATAN

KLATEN– Mengawali Jum’at Berbagi (15/5/20), Pemerintah Kabupaten Klaten serahkan bantuan sosial di kecamatan Gantiwarno tepatnya di Aula Balai Desa Ceporan, Gantiwarno kepada masyarakat berdampak Covid 19. Nantinya dilanjutkan di kecamatan lainnya seperti Kecamatan Bayat, Cawas, Pedan, Trucuk, dan Klaten Tengah.
.
Ketua Gugus Tugas PP Covid 19, Sri Mulyani hari ini akan menyerahkan bantuan sosial dari Pemerintah Kabupaten Klaten di 6 kecamatan.
.
“Penyerahan bantuan diawali di desa Ceporan ada 18 KK yang menerima, untuk 6 Desa lain yang menerima jaringan pengaman sosial dari Pemkab hanya ada yang menerima satu desa satu. Karena akan diusulkan untuk mendapatkan BST tahap ke dua melalui transfer sejumlah 379 KK, sehingga totalnya di Gantiwarno yang menerima BST 2.371 KK. Diusulkan provinsi berupa sembako nominal 200 ribu saat ini baru proses khusus kecamatan Gantiwarno sejumlah 2.365 KK” Jelas Sri Mulyani
.
Camat Gantiwarno, Lilis Yuliati mengatakan pada hari ini penyerahan bantuan sosial untuk KK terdampak covid-19. Bantuan tersebut diterima oleh 18 KK dan perwakilan desa yang diwakilkan oleh Kepala Desa secara simbolis. Total kecamatan Gantiwarno menerima 464 sembako. Verifikasi data dan pembaharuan data juga selalu dilakukan mulai dari kepala desa, camat dan nanti sampai ke Gugus Tugas Kabupaten siapa saja yang menerima bantuan harus jelas dan data harus update Bantuan dari manapun seperti DTKS, PKH, BST, BPNT,BLT atau lainya agar tidak terjadi tumpang tindih.
.
Bantuan dari Pemerintah Kabupaten Klaten berisi beras 5 kg, gula pasir 1 kg, terigu 1 kg, 10 mie instan, Telur 15 butir, minyak 2 liter  dan teh 1 pcs. Setidaknya bantuan tersebut bisa meringankan beban masyarakat yang berdampak covid 19. Selain itu, bisa meringankan bapak ibu dan bisa dimanfaatkan dengan baik ditengah wabah covid 19.
.
Sri Mulyani juga berharap kepada Kepala Desa, Camat, agar memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak terjadi konflik dan tidak terjadi kecemburuan. Dibuatkan data list penerima bantuan, BST, JPS provinsi, kabupaten atau lainya lengkap dengan nama penerima. Apabila ada masyarakat yg belum didata, segera diusulkan oleh Kepala Desa, lalu diverifikasi Camat disampaikan DISOSP3AKB. Kalau sudah diberikan SK bupati maka akan mendapatkan bantuan pada tahap kedua.
.
Selain itu, Sri Mulyani dengan tegas mengatakan bahwa Jaring Pengaman Sosial ada kebijakan, dengan memberdayakan ekonomi di wilayah kecamatan. Sehingga camat dan jajaran wajib membeli dikecamatan Gantiwarno harus dibelanjakan di wilayah. Terpaksa jika tidak ada baru di kecamatan lain.
.

Penulis : Diskominfo Klaten
Ir. H. Joko Widodo

Masyarakat disarankan untuk mengenakan masker kain yang dapat dicuci dan dikenakan berkali-kali. Untuk masker medis seperti masker bedah dan N-95 saat ini dipriotiraskan bagi dokter dan paramedis.

Konsultasikan jika mengalami gejala.

Bantu program ini dengan cara konsultasi apabila mengalami gejala, sayangilah keluarga dan saudara anda.