News Details

Klaten Ingin Targetkan 20.000 Vaksinasi Tiap Hari

KLATEN  – Pemerintah Kabupaten Klaten  menargetkan 20.000 vaksinasi per hari untuk menjaga imunitas masyarakat (hard immunity). Hal itu disampaikan Bupati Klaten Sri Mulyani saat mengunjungi program vaksinasi  tahap satu  di Balai Desa Karangdowo, Karangdowo, Klaten Rabu (8/9/2021) yang diikuti 300 warga.


Kegiatan vaksinasi kali ini mendapat dukungan dari anggota DPR RI Muchammad Nabil Haroen atau akrab disapa Gus Nabil dan anggota DPRD Kabupaten Klaten Hartanti dan dihadiri pejabat setempat. Melihat antusiasme masyarakat mengikuti vaksinasi ini diharapkan Pemerintah Pusat bisa segera mendistribusikan vaksin sesuai kebutuhan daerah setempat.      

“Kita melaksanakan vaksinasi di Desa Karangdowo, dengan target 300 peserta. Ini tentunya upaya kami pemerintah untuk menjaga imunitas warga. Dengan antusiasme masyarakat ini pemerintah pusat (diharapkan bisa) segera menyiapkan vaksin sebanyak-banyaknya sesuai kebutuhan kami di daerah. Jumlah ideal untuk percepatan vaksinasi menurut Bupati, minimal 20 ribu vaksin per hari bila pasokan dari pemerintah pusat tersedia. Meskipun pasokannya terlambat, capaian vaksinasi di Kabupaten Klaten hingga saat ini sudah mencapai 23 %” jelas Bupati Sri Mulyani. 


Dijelaskan kalau target sasaran vaksinasi hingga saat ini masih diprioritaskan untuk lansia, karena jumlah angka kematian akibat Covid-19 masih didominasi oleh lansia dan komorbid. Jumlah lansia yang menjadi target vaksinasi menurut Bupati Klaten sekitar 180 ribu.  Sedangkan jumlah terealisasi baru mencapai 50 ribu lansia. 

“Kita akan kebut terus untuk vaksinasinya. Kalau vaksin ada langsung kita berikan,” terang Sri Mulyani.


Sementara itu Kepala Desa Karangdowo Sri Hartanto disela-sela kegiatan vaksinasi mengungkapkan, sasaran vaksinasi kali ini adalah warga masyarakat Desa Karangdowo dengan rentang usia antara 20 hingga 55 tahun sebanyak 300 peserta. 

“Kegiatan ini terlaksana berkat komunikasi dan kerjasama dengan anggota dewan, baik itu dari kabupaten maupun dari pusat, Ibu Hartanti dan Gus Nabil, serta mendapat penghormatan di-rawuhi Ibu Bupati.  Selain vaksinasi, di acara ini juga memberikan bantuan sembako sejumlah 300 paket sebagai wujud kepedulian terhadap warga terdampak secara ekonomi akibat pandemi Covid-19. Bantuan sembako dari keluarga besar Wanto Suwarno” jelas Sri Hartanto.


Penulis Tim Pemberitaan Kabupaten Klaten

Editor Joko Priyono.

Ir. H. Joko Widodo

Masyarakat disarankan untuk mengenakan masker kain yang dapat dicuci dan dikenakan berkali-kali. Untuk masker medis seperti masker bedah dan N-95 saat ini dipriotiraskan bagi dokter dan paramedis.

Konsultasikan jika mengalami gejala.

Bantu program ini dengan cara konsultasi apabila mengalami gejala, sayangilah keluarga dan saudara anda.