News Details

MASA PANDEMI, NASABAH BANK KLATEN JUSTRU MEMILIH MENABUNG

KLATEN- Masa pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi segala aspek ataupun sektor yang membuat segala aktivitas mulai dibatasi, banyak pula masyarakat yang kehilangan pekerjaan dan  berkurang pemasukannya untuk pemenuhan sehari-hari. Pemandangan berbeda terjadi pada nasabah Bank Klaten yang justru malah banyak yang menyisihkan uangnya untuk ditabung.

Pada saat Rapat Umum Pemegang Saham, Rabu (04/11/2020) di Aula Bank Klaten. Direktur Utama Bank Klaten, Tulus Yunianto mengatakan Tabungan Alhamdulillah dari 103 M diposisi 2019 terdapat 168 M, September 2020 sebesar 243 M. Rata-rata tumbuh untuk tabungan itu setiap tahun 22,6 %. Deposito dari 64,8 M posisi 2019 127 M, di September 141, 5 M. Rata-rata tumbuh setiap tahun 19,7 M.

“Ini ada fenomena menarik orang mengajukan kredit tidak banyak kalau yang mengajukan rata-rata hasilnya tidak bagus, sementara malah banyak penabung yang masuk. Beberapa kami tanyakan mencari aman. Mohon maaf tidak saya sebutkan namanya, tapi nominalnya saya sebut ada 3 M masuk katanya dulu di Koperasi takut kalau ada apa-apa pindah ke Bank Klaten, dan karena kami uangnya agak berlebih ya kalau mau kami bahkan hanya jual sekitar 6,5 % padahal harga sekitar 7,5 %  nasabahnya mau.Kemudian tabungan juga tidak banyak  penarikan, hanya cuman diawal-awal pandemi sekitar Maret sampai April sekarang malah banyak warga masyarakat menabung” Ujarnya 

Jajang Prihono, Inspektorat Klaten mengapresiasi dalam 5 tahun terakhir selalu bank klaten mendapatkan nominasi terkait dengan penghargaan-penghargaan tingkat nasional dan sampai empat besar sungguh luar biasa. Prosentase cukup bagus, tidak dipungkiri modal ini menjadi salah satu faktor utama yang perlu mendapatkan suntikan tersediri artinya harapanya dengan modal bertambah nanti pertumbuhan kredit juga bertambah.

Secara keseluruhan semua sektor keuangan terdampak covid-19, tapi faktanya malah yang terjadi berbeda di Bank Klaten. Justru masyarakat lebih banyak menabung ke Bank Klaten, menjadi potensi tersendiri bagi bank klaten tentu apresiasi yang luar biasa. Barangkali itu ada korelasinya dengan jumlah sumber daya dari pak direktur Bank Klaten yang 70 % tadi marketing, tentunya jadi satu tolak ukur indikator keberhasilan Bank Klaten bisa masuk ke komponen UMKM terutama. Sektor produktif tidak melulu potong gaji menjadi sinyal positif tersendiri


Sebelum rapat usai Pjs Bupati Klaten, Sujarwanto Dwiatmoko juga berpesan kepada seluruh pekerja di Bank Klaten ini waktunya untuk melakukan espansi. Jangan menunggu ekonomi baik baru ekspansi ketinggalan untuk lembaga keuangan. Jadi kondisi buruk ini justru baik, karena sebenarnya yang punya persiapan baik justru bank-bank kecil hari ini. 


Penulis Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

Ir. H. Joko Widodo

Masyarakat disarankan untuk mengenakan masker kain yang dapat dicuci dan dikenakan berkali-kali. Untuk masker medis seperti masker bedah dan N-95 saat ini dipriotiraskan bagi dokter dan paramedis.

Konsultasikan jika mengalami gejala.

Bantu program ini dengan cara konsultasi apabila mengalami gejala, sayangilah keluarga dan saudara anda.