News Details

Masih Covid-19, Pengibar Bendera HUT RI ke-75 Hanya 3 Orang

KLATEN- Perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75 kali ini berbeda dari tahun- tahun sebelumnya, akibat masih pandemi Covid-19. Pelatih Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) Kabupaten Klaten Sumarno, dari Kodim 0723 Klaten pada Senin( 10/08) usai latihan di Halaman Pendopo Kabupaten Klaten mengatakan pengibaran bendera pada tahun ini hanya dilakukan oleh tiga anggota Paskibraka saja.

“Perbedaannya pada tahun ini terlihat sangat mencolok, Biasanya pasukan penuh yaitu ada pasukan 17, 8, dan 45, kali ini hanya 3 orang saja. Petugas pengibar bendera tidak ada seleksi, tetapi menggunakan petugas tahun lalu sejumlah 12 orang yang bertugas pada pengibaran bendera, penurunan bendera, dan cadangan” jelas Sumarno 


Satu dari tiga anggota Paskibraka tersebut akan bertugas sebagai pembawa Sang Saka merah putih, sedangkan dua lainnya sebagai pengerek bendera pusaka. Latihan pengibaran bendera menjelang HUT RI Ke-75 dimulai sejak tanggal 07 Agustus dan akan berakhir pada tanggal 15 Agustus 2020. Kemudian pada tanggal 16 Agustus 2020 akan dilakukan Gladi Bersih.

Sumarno menyampaikan bahwa kesiapan pengibaran maupun penurunan bendera sudah mencapai 70 persen. Adapun pelatih anggota Paskibraka Kabupaten Klaten terdiri dari dua orang anggota Kodim 0723 Klaten dan dua orang anggota Polres Klaten. Rencananya upacara peringatan HUT RI KE-75 Kabupaten Klaten hanya di Gelar di Halaman Pendopo Kabupaten Klaten saja.

Penulis Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

Ir. H. Joko Widodo

Masyarakat disarankan untuk mengenakan masker kain yang dapat dicuci dan dikenakan berkali-kali. Untuk masker medis seperti masker bedah dan N-95 saat ini dipriotiraskan bagi dokter dan paramedis.

Konsultasikan jika mengalami gejala.

Bantu program ini dengan cara konsultasi apabila mengalami gejala, sayangilah keluarga dan saudara anda.