News Details

MASYARAKAT DIMINTA GUNAKAN BLT SECARA BIJAK

KLATEN- Pada masa pandemi ini pemerintah telah menyalurkan bantuan bagi masyarakat tidak mampu yang terdampak Covid-19 di Kabupaten Klaten. Diantaranya adalah adanya bantuan langsung tunai atau BLT dana desa yang berupa uang tunai. Dengan disalurkannya bantuan tersebut, Bupati Klaten Sri Mulyani meminta masyarakat agar mempergunakannya secara bijak. Hal tersebut diungkapkan Bupati Sri Mulyani saat meninjau penyaluran BLT di Desa Beku, Kec.Karanganom, Jumat pagi (29/5/20).

“Saya minta penjenengan belanjakan bantuan ini secara bijaksana untuk kebutuhan pokok sehari-hari seperti sembako, agar nutrisi dan gizi terpenuhi sehingga kesehatan panjenengan terjamin" pesan Bupati Klaten pada perwakilan penerima BLT. Pesan Bupati Klaten tersebut sesuai dengan realita yang ada di lapangan bahwa saat ini Kabupaten Klaten masih zona merah dan kejadian luar biasa Covid-19. Maka memang sudah seyogyanya bantuan khususnya dalam bentuk uang tunai agar dibelanjakan secara bijak untuk pemenuhan kebutuhan pokok.


Pada penyaluran tahap pertama ini, penerima BLT akan menerima uang tunai sebesar 600 ribu rupiah. Pendataan dan penyaluran bantuan pada masyarakat dilakukan oleh pemerintah desa setempat. Harapannya dengan disalurkannya BLT dapat membantu masyarakat tidak mampu yang turut terdampak Covid-19. Hal senada pun diungkapkan oleh Kepala Desa Beku, Alex Wijanarko bahwa masyarakat harus memanfaatkan adanya BLT dengan baik. Dihadapan para warganya dirinya menghimbau supaya bantuan digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok.

"Untuk bantuan ini panjenengan manfaatkan untuk pembelian sembako atau kebutuhan pokok, jangan sampai salah kalau setelah menerima terus malah dibelanjakan pakaian atau sebagainya. Saya minta panjenengan harus bisa memanfaatkan bantuan sebaik baiknya khususnya dalam kondisi seperti ini" pesan Kepala Desa Beku

Penyaluran BLT dilakukan di 391 Desa di Kabupaten Klaten. Pada kesempatan kali ini, Bupati Sri Mulyani pada Jumat pagi (29/5) didampingi Kepala DinsosP3AKB, M. Nasir dan Kepala Dispermasdes, Joko Purwanto meninjau penyaluran BLT di dua kecamatan yaitu Kecamatan Karanganom dan Kecamatan Karangdowo. Untuk Karanganom, diantaranya Desa Beku, Desa Tarubasan, dan Desa Troso. Kemudian untuk Kecamatan Karangdowo yaitu Desa Karangdowo dan Desa Ringin Putih. Sebagai informasi untuk penyaluran BLT di Kecamatan Karanganom antara lain Desa Beku disalurkan sebanyak 63 kk, Desa Tarubasan 26 sebanyak kk dan Desa Troso sebanyak 33 kk.

Penulis Diskominfo Klaten

Ir. H. Joko Widodo

Masyarakat disarankan untuk mengenakan masker kain yang dapat dicuci dan dikenakan berkali-kali. Untuk masker medis seperti masker bedah dan N-95 saat ini dipriotiraskan bagi dokter dan paramedis.

Konsultasikan jika mengalami gejala.

Bantu program ini dengan cara konsultasi apabila mengalami gejala, sayangilah keluarga dan saudara anda.