News Details

PEKAN INI, ENAM DESA DI PRAMBANAN MULAI CAIRKAN BLT TAHAP DUA

KLATEN- Sebanyak enam desa di Kecamatan Prambanan, Klaten pada Selasa (9/6/20) sudah mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai atau BLT dana desa tahap dua kepada masyarakat. Dalam penyaluran bantuan kali ini, Bupati Klaten Sri Mulyani didampingi Kepala Dispermasdes dan Kepala Dinas Sosial P3AKB Klaten meninjau secara langsung proses penyaluran bantuan tersebut.

“Pada hari ini nanti saya akan keliling (meninjau) sejumlah enam desa di Kecamatan Prambanan terkait penyaluran bantuan langsung tunai tahap dua kepada masyarakat” terang Bupati Klaten Sri Mulyani ketika ditemui dalam meninjau penyaluran bantuan di Desa Geneng, Prambanan, Selasa pagi (9/6/20). Adapun keenam desa yang mulai menyalurkan bantuan tersebut meliputi Desa Geneng, Desa Randusari, Desa Joho, Desa Bugisan, Desa Pereng, dan Desa Cucukan. Sejumlah desa tersebut telah rampung penyaluran BLT tahap pertama sehingga hari ini sudah melakukan penyaluran tahap dua.


Masyarakat penerima, akan mendapatkan uang tunai senilai 600 ribu rupiah. Penerima dihimbau untuk menggunakan bantuan tersebut guna memenuhi kebutuhan pokok sehari-sehari, utamanya sembako. Penyaluran BLT tahap dua pun akan dilakukan di berbagai desa di Kabupaten Klaten dalam waktu dekat ini. Berkaitan dengan penyaluran tahap pertama, terang Sri Mulyani, sudah 381 desa di Kabupaten Klaten yang menyalurkan bantuan tersebut dari total 391 desa. Artinya masih ada 10 desa yang belum menyalurkan tahap pertama karena masih melakukan musyawarah desa khusus (Musdesus).

“Dari 381 desa yang telah menyalurkan, peruntukannya sebanyak 41.403 kepala keluarga dan dengan nominal sekitar 24 miliar rupiah” imbuhnya

Sementara itu Kepala Desa Geneng, Agung Saputro menuturkan bahwa terkait penyaluran BLT tahap pertama sudah rampung, dan hari ini dilakukan penyaluran tahap dua. “Ada 69 KK penerima BLT tahap dua yang datanya sama persis dengan penerima tahap pertama, karena sebelumnya data sudah diverifikasi dan melalui Musdesus” ungkap Agung Saputro

Sebagai informasi terkait penerima bantuan tersebut di enam desa, Desa Geneng sebanyak 69 Kepala Keluarga (KK), Desa Randusari sebanyak 180 KK, Desa Joho 128 KK, Desa Bugisan 97 KK, Desa Pereng 100 KK dan Desa Cucukan 50 KK. Penyaluran BLT tahap dua keesokan harinya juga akan dilakukan di beberapa desa di Kecamatan Jogonalan dan Kecamatan Kemalang.

Penulis Diskominfo Klaten

Ir. H. Joko Widodo

Masyarakat disarankan untuk mengenakan masker kain yang dapat dicuci dan dikenakan berkali-kali. Untuk masker medis seperti masker bedah dan N-95 saat ini dipriotiraskan bagi dokter dan paramedis.

Konsultasikan jika mengalami gejala.

Bantu program ini dengan cara konsultasi apabila mengalami gejala, sayangilah keluarga dan saudara anda.