News Details

Percepat Herd Immunity, Pemkab Klaten Programkan Desa Tuntas Vaksinasi

Klaten – Pemerintah Kabupaten Klaten meluncurkan program Desa Tuntas Vaksinasi untuk mempercepat capaian  herd immunity atau kekebalan masyarakat. Program itu diawali dengan  kegiatan vaksinasi massal itu dilakukan di di halaman Balai Desa Karangasem, Cawas, Klaten yang diikuti   1500 orang warga  Selasa (14/9/21) dan ditinjau langsung Bupati Klaten Sri Mulyani bersama sejumlah pejabat..


“Desa Karangasem hari ini saya tuntaskan untuk satu desa selesai vaksin. Melalui vaksinasi ini harapannya masyarakat imunnya semakin baik, (dan) tentunya herd immunity-nya terbentuk baik,” jelas  Sri Mulyani saat ditemui disela-sela pelaksanaan vaksinasi Selasa (14/09/21)


Kegiatan Desa Tuntas Vaksinasi ini menurut Bupati, merupakan upaya pemerintah bersama pemangku kepentingan  untuk menjaga masyarakat tetap sehat, sekaligus mengajak, baik kepada peserta maupun yang sudah menerima vaksin untuk selalu menjaga dan menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.     


 “Semoga dengan program Desa Tuntas Vaksin ini nanti seluruh warga masyarakat dijauhkan dari virus corona. Tak lupa saya berpesan, bapak ibu semuanya yang sudah divaksin, tetap dijaga protokol kesehatannya. Yang paling utama adalah selalau pakai masker, cuci tangan pakai sabun, dan jaga jarak,” tambah pungkas Bupati. 


Camat Cawas Moh Prihadi di tengah mendampingi warganya yang divaksinasi mengungkapkan  program Desa Tuntas Vaksin di wilayahnya melibatkan peserta dari desa sekitar. Peserta vaksinasi harus melalui tahap pengecekan untuk menghindari hal tidak diinginkan.


“Panitia mengundang  1500 orang warga masyarakat yang sudah terdaftar. Rinciannya sebanyak 900 orang dari warga Desa Karangasem, dan sisanya dari desa-desa sekitar yaitu Desa Nanggulan, Burikan, Kedung Ampel, dan Mendungan. Kriteria peserta adalah usia 18 tahun keatas dengan kondisi sehat dan tidak komorbid, serta lolos screening oleh tim medis. Harapannya dengan vaksinasi ini akan meningkatkan imun kekebalan warga masyarakat terkait dengan pandemi Covid ini dan segera selesai,” pungkas Prihadi. 


Penulis Tim Pemberitaan Kabupaten Klaten

Editor Joko Priyono.

Ir. H. Joko Widodo

Masyarakat disarankan untuk mengenakan masker kain yang dapat dicuci dan dikenakan berkali-kali. Untuk masker medis seperti masker bedah dan N-95 saat ini dipriotiraskan bagi dokter dan paramedis.

Konsultasikan jika mengalami gejala.

Bantu program ini dengan cara konsultasi apabila mengalami gejala, sayangilah keluarga dan saudara anda.