News Details

Polres Klaten Vaksin 4.000 Warga

KLATEN - Polres Klaten menggelar kegiatan vaksinasi Covid-19 secara massal, Sabtu (26/6/2021). Kegiatan tersebut guna menunjang program percepatan vaksinasi bagi masyarakat.


Kegiatan tersebut menyasar sekitar 4.000 warga di wilayah hukum masing-masing Polsek  di bawah Polres Klaten. Kegiatan dilangsungkan di empat lokasi vaksinasi; Balai Desa Kemudo Kecamatan Prambanan, GOR Gelarsena, Gedung Chandra Kirana Kecamatan Jatinom, dan Gedung Haji Kecamatan Delanggu.


Kapolres Klaten, AKBP Edy Suranta Sitepu mengatakan kegiatan ini merupakan program nasional Polri yang dilaksanakan untuk membantu percepatan vaksinasi Covid-19 di wilayah. Adapun alokasi dosis vaksin yang diperoleh Polres Klaten dibagi rata untuk masing-masing Polsek.


"Diharapkan kegiatan meningkatkan jumlah warga yang tervaksin. Kegiatan ini sekaligus menjadi langkah penanggulangan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Klaten," ungkapnya saat meninjau lokasi vaksinasi.


Adapun sasaran merupakan masyarakat umum dengan usia 18 tahun ke atas. Dalam pelaksanaannya, masyarakat yang mengikuti vaksinasi massal tersebut dibagi menjadi dua kloter. Kloter pertama dimulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 09.00 WIB, sedangkan kloter kedua dimulai pukul 09.00 sampai dengan selesai.


Pelaksaan vaksinasi massal turut disertai dengan protokol kesehatan. Setiap peserta vaksinasi yang hadir diwajibkan mencuci tangan dan cek suhu badannya.


Petugas juga membagikan masker kepada peserta vaksinasi sebagai lapis tambahan selama peserta menunggu giliran untuk divaksin. Usai divaksin, peserta diminta untuk segera kembali ke rumah dan beristirahat.


Bupati Klaten, Sri Mulyani menyampaikan apresiasinya atas terlaksananya program vaksinasi Covid-19 massal yang digelar Polres Klaten. Hal ini sehubungan jumlah warga Klaten yang tervaksin masih jauh dari target 750 ribu warga atau 80 persen dari total populasi masyarakat Kabupaten Klaten.


"Saat ini baru sekitar 90 ribu yang sudah tervaksin, nanti akan di-update lagi datanya dengan tambahan vaksinasi massal di Gedung Sunan Pandanaran dan vaksinasi massal dari Polres Klaten," paparnya.


Diharapkan dengan percepatan vaksinasi tersebut dapat meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap Covid-19. Sehingga kondisi Klaten dapat segera pulih.


Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

Ir. H. Joko Widodo

Masyarakat disarankan untuk mengenakan masker kain yang dapat dicuci dan dikenakan berkali-kali. Untuk masker medis seperti masker bedah dan N-95 saat ini dipriotiraskan bagi dokter dan paramedis.

Konsultasikan jika mengalami gejala.

Bantu program ini dengan cara konsultasi apabila mengalami gejala, sayangilah keluarga dan saudara anda.