News Details

SEORANG WIRASWASTA ASAL KARANGANOM POSITIF COVID-19

KLATEN-Kasus terkonfirmasi positif terpapar Covid-19 di Kabupaten Klaten bertambah satu orang lagi pada Selasa (2/6/20). Pasien tersebut merupakan seorang perempuan dari Kecamatan Karanganom yang bekerja wiraswasta. “Hari ini tambah 1 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 berinisial IN (perempuan), berusia 57 tahun berasal dari Kecamatan Karanganom. Sehingga jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang dirawat saat ini berjumlah 8 orang” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (PP) Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo pada Selasa siang (2/6)

Pada kasus kali ini, imbuh Cahyono, pekerjaan sehari-hari yang bersangkutan adalah wiraswasta. Dimungkinkan pasien terpapar ketika melakukan aktivitas pekerjaannya.

Sebelumnya pada tanggal 22 Mei 2020 pasien tersebut telah mengikuti Rapid Test dengan hasil reaktif dan dilanjutkan dengan isolasi mandiri selama 14 hari. Kemudian pada tanggal 29 dan 30 Mei dilakukan tes swab kepada yang bersangkutan dengan hasil  menunjukan positif terpapar Covid-19.

“Saat ini, pasien berinisial IN sedang menjalani perawatan di RSD Bagas Waras dengan kondisi yang baik dan stabil. Satgas telah melakukan tracing/ pelacakan kepada orang-orang yang pernah kontak dengan pasien dan akan segera dilakukan rapid test” terang Cahyono Widodo yang juga Kepala Dinas Kesehatan Klaten.

Dengan masih adanya penambahan kasus positif, Cahyono menghimbau agar Gugus Tugas tingkat Desa maupun RW agar memperketat dalam memantau warganya yang baru pulang dari daerah lain. Imbuhnya, masyarakat diminta menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Selalu menggunakan masker saat beraktivitas diluar rumah, cuci tangan pakai sabun dan jaga jarak (physical distancing) guna mengurangi resiko terjadinya penularan virus.

Berdasarkan data terkini dari laman awasicorona.klatenkab.go.id, sampai saat ini Selasa (2/6) pukul 13.00 WIB secara kumulatif pasien positif Covid-19 di Klaten sudah ada  24 orang, 16 diantaranya dinyatakan sembuh, dan 8 orang masih dirawat di rumah sakit.

Penulis Diskominfo Klaten

Ir. H. Joko Widodo

Masyarakat disarankan untuk mengenakan masker kain yang dapat dicuci dan dikenakan berkali-kali. Untuk masker medis seperti masker bedah dan N-95 saat ini dipriotiraskan bagi dokter dan paramedis.

Konsultasikan jika mengalami gejala.

Bantu program ini dengan cara konsultasi apabila mengalami gejala, sayangilah keluarga dan saudara anda.