News Details

SIASATI PEMBELAJARAN DARING, DWP KLATEN BERIKAN TIPS SELAMA KBM

KLATEN- Selama pandemi Covid-19 ini sangat berpengaruh terhadap dunia pendidikan, terlebih mempengaruhi sistem pembelajaran anak yang terpaksa harus melalui sistem Daring. Dharma Wanita Kabupaten Klaten dengan adanya hal tersebut, demi mengedukasi masyarakat peranan orangtua dalam mendampingi anak, maka melakukan live instagram dengan tema "Peran Orangtua dan Keluarga dalam pendampingan Kegiatan Belajar Megajar (KBM) daring" pada Kamis (3/9)

Live instagram ini disiarkan melalui akun @atik.mira dan @primasaripita. Ketua DWP Kabupaten Klaten, Atik Jaka Sawaldi sebagai Host dan dr. Primasari Pitaningsih sebagai narasumber. Menurut dr Primasari dalam mendampingi anak di pembelajaran secara daring orangtua kuncinya harus berpikir positif, menjalin komunikasi yang aktif positif kepada anak, selalu mengingatkan dan introspeksi serta refleksi.


Ketua DWP kabupaten Klaten juga mengungkapkan dampak dari belajar dirumah ini ada sisi positif dan negatifnya. Sisi positifnya orangtua bisa secara langsung mendampingi anak belajar, hubungan antara orangtua, anak semakin akrab dan orangtua bisa mengajarkan pekerjaan rumah pada anak. 

Tetapi ada juga sisi negatifnya, bahwa tidak semua orangtua menguasai materi pembelajaran, orangtua tidak menguasai penggunaan gadget dan banyak ditemui untuk orangtua yang sibuk bekerja sehingga tidak mempunyai waktu untuk mendampingi anak.

Meski begitu, Atik Jaka Sawaldi mengajak bersama-sama tetap ikuti pembelajaran yang sudah diterapkan pemerintah dan berpatisipasi dalam upaya pencegahan penyebaran covid 19 dengan selalu mentaati protokol kesehatan seperti selalu pakai masker,  cuci tangan dengan sabun, makan yang bergizi , dan lakukan gerakan masyarakat agar pandemi ini segera berakhir.

Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

Ir. H. Joko Widodo

Masyarakat disarankan untuk mengenakan masker kain yang dapat dicuci dan dikenakan berkali-kali. Untuk masker medis seperti masker bedah dan N-95 saat ini dipriotiraskan bagi dokter dan paramedis.

Konsultasikan jika mengalami gejala.

Bantu program ini dengan cara konsultasi apabila mengalami gejala, sayangilah keluarga dan saudara anda.