News Details

Semua Pasar Tradisional Klaten Buka Sampai Jam 14.00 WIB

KLATEN- Masyarakat Klaten yang ingin berbelanja di pasar tradional wajib tahu. Pasalnya semua pasar tradisional yang ada Kabupaten Klaten hanya akan buka beroperasi sampai pukul 14.00 WIB.  Setelah jam itu, maka pasar akan tutup dan tidak ada pedagang yang melaksanakanan transaksi.


Hal itu didasarkan Surat Edaran Penjabat Pelaksana Tugas (Plt) Dinas  Perdagangan Koperasi dan UKM Klaten Supriyanta Nomor 506/2031/19  tentang Pemberlakuan PPKM Darurat di Kabupaten Klaten. Surat itu resmi diperlakukan sejak 3 Juli 2021.


“Semua pasar tradisional di Klaten harus menyesuaikan.  Kalau sudah pukul 14.00 WIB, pasar tradisional harus tutup.  Hal ini juga perlu diketahui semua masyarakat Klaten yang ingin berbelanja mengatur waktu.  Kita semua harus patuh penerapan PPKM darurat, khususnya di Kabupaten Klaten” kata Kepala Bidang Pengelolaan Pasar Dinas Dagkop dan UKM Klaten Didik Widiarto saat dikonfirmasi (Kamis. 8/7/21).


Ditambahkan adalan SE tadi juga menekankan pelaksanaan protokol kesehatan tidak saja pengunjung pasar juga para pedagang.  Selain itu petugas pasar untuk secara berkala menyemprotkan cairan disinfektan.


“Untuk pasar yang tidak menjual sembako, melalui SE ini juga harus tutup dulu.  Agar kondisi pasar aman, maka petugas kami minta tetap melakukan penyemprotan secara rutin  agar tidak muncul klaster pasar” tambahnya.


Pelaksanaan PPKM darurat cukup terasa di pasar sementara di Mojayan Klaten. Pedagang yang awalnya berdagang di Pasar Induk yang tengah direnovasi itu  tertib mematuhi instruksi petugas pasar untuk tutup pasar sesuai ketentuan.


“Betul mas, ada aturan baru dari pengelola pasar. Mulai jam 14.00 WIB pasar harus segera tutup” ungkap singkat wanita pedagang bandeng yang tidak mau disebutkan namanya saat dikonfirmasi Rabu kemarin (7/7/21).


Penulis  Joko Priyono Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

Ir. H. Joko Widodo

Masyarakat disarankan untuk mengenakan masker kain yang dapat dicuci dan dikenakan berkali-kali. Untuk masker medis seperti masker bedah dan N-95 saat ini dipriotiraskan bagi dokter dan paramedis.

Konsultasikan jika mengalami gejala.

Bantu program ini dengan cara konsultasi apabila mengalami gejala, sayangilah keluarga dan saudara anda.