News Details

TERDAMPAK COVID-19 PEKERJA WISATA KLATEN TERIMA BANTUAN

KLATEN- Para pekerja wisata di Kabupaten Klaten merasakan dampak langsung dari adanya pandemi Covid-19 ini. Pasalnya mereka yang sehari-hari meraup penghasilan dengan berjualan atau jasa atraksi hiburan di obyek wisata, terpaksa harus berhenti karena saat ini obyek wisata masih ditutup demi mencegah penularan Covid-19 .


Adalah Nurudin, laki-laki berusia 30 tahun tersebut sebelum pandemi ini bekerja sebagai pemeran kostum dan penyedia atraksi hiburan di obyek wisata Prambanan dan Bukit Sidoguro selama kurang lebih empat tahun.

“Sehari-hari saya bekerja menghibur pengunjung dengan maskot doraemon dan terkadang jasa foto bareng satwa. Rata-rata pada hari biasa pendapatan kotor saya sekitar 300 ribu rupiah, kalau sabtu dan minggu bisa sampai 700 ribu” terang Nurudin saat dijumpai di Kantor Kecamatan Klaten Selatan, Jumat (17/7).

Warga Jimbung, Kecamatan Kalikotes tersebut mengaku bahwa saat ini guna memenuhi kebutuhan pokok, Ia melakoni pekerjaan alternatif lainnya. Dirinya memahami bahwa penutupan obyek wisata saat ini sebagai upaya mencegah penambahan  kasus Covid-19 di Kabupaten Klaten.

Nurudin tak sendiri, Ia dan para pekerja di sektor pariwisata dan sektor ekonomi kreatif lainnya turut terdampak dengan adanya Covid-19 ini.

Pemerintah tidak tinggal diam dengan kondisi warganya, pada Jumat (17/7) pagi sebanyak 1176 pekerja wisata dan ekonomi kreatif di 26 Kecamatan di Kabupaten Klaten menerima bantuan sembako dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI dan Kepolisian Resor (Polres) Klaten.

Penyerahan secara simbolis dilakukan Jumat pagi (17/7)  oleh Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu, Bupati Klaten Sri Mulyani, Kasdim Klaten yang mewakili Dandim 0723 Klaten Letkol (Kav) Minarso. Kegiatan penyerahan dilakukan di Kecamatan Klaten Selatan, dan dilanjutkan ke beberapa kecamatan lainnya.

“Pesan saya pada penerima bantuan agar bantuan dimanfaatkan dengan baik, tetap menjaga kedisiplinan bapak ibu semuanya dalam rangka pencegahan Covid-19. Bapak Ibu semuanya harus mendukung kami jajaran pemerintah daerah dengan Kapolres, Dandim dan Forkompimda untuk bersama sama gotong-royong melawan virus Corona” Pesan Bupati Sri Mulyani pada para penerima bantuan.


Penulis Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

Ir. H. Joko Widodo

Masyarakat disarankan untuk mengenakan masker kain yang dapat dicuci dan dikenakan berkali-kali. Untuk masker medis seperti masker bedah dan N-95 saat ini dipriotiraskan bagi dokter dan paramedis.

Konsultasikan jika mengalami gejala.

Bantu program ini dengan cara konsultasi apabila mengalami gejala, sayangilah keluarga dan saudara anda.