News Details

Jelang Tahun Baru, Fasilitas Umum di Klaten Bakal Ditutup

KLATEN - Menjelang malam pergantian tahun baru 2022, Pemerintah Kabupaten Klaten bakal menutup beberapa fasilitas umum, khususnya  Alun-Alun Kota Klaten.  Kebijakan ini untuk menghindari kerumuman massa di malam tahun baru, sekaligus antisipasi penularan covid 19.


Kepala Dinas Perhubungan Klaten Supriyono saat dihubungi (Selasa, 21/12) menjelaskan jajarannya akan bekerja sama dengan aparat keamanan terkait untuk menjaga malam tahun baru juga perayaan natal berjalan aman dan tertib.  


“Mulai tanggal 31 Januari 2021 sampai 1 Januari 2022 Alun - Alun Kota Klaten akan kami tutup. Tidak hanya itu untuk fasilitas umum yang dimungkin munculnya kerumunan seperti Taman Kota Lampion dan Hutan Kota Gergunung juga ditutup. Termasuk fasilitas umum yang tersebar di kecamatan.  Kebijakan ini untuk diketahui dan dipahami masyarakat agar tidak ada kerumumunan di malam pergantian tahun” jelasnya. 


Ditambahkan ASN yang pernah menjabat sebagai Camat Ceper itu menegaskan agar masyarakat menikmati malam pergantian tahun di rumah saja. Diharapkan perayaan tahun 2022 itu dilakukan dengan sederhana.


“Dari Dinas Perhubungan akan menerjunkan 100 personil untuk menjaga keamanan wilayah Kabupaten Klaten dibantu aparat lain seperti TNI/ Polri dan Satpol termasuk jajaran keamanan terkait.  Malam tahun baru tidak boleh ada kerumunan dan arak-arakan. Rayakan tahun baru di rumah saja dan saya kira itu lebih baik untuk lebih menjaga keakraban dan kedekatan dalam keluarga” pesan.


Pemerintah Kabupaten Klaten melalui Bupati Klaten Sri Mulyani telah menerbitkan Intruksi Bupati Nomor 25 Tahun 2021 Tanggal 14 Desember 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Virus Corona Desease 19 pada saat Natal 2021 dan Perayaan Tahun Baru 2022. 


Poin penting dalam Inbup tersebut diantaranya mengaktifkan fungsi Satgas Covid 19 di semua jenjang, penggunaan masker dua lapis dan protokol kesehatan, perayaan natal dilakukan secara sederhana dengan kapasitas tidak lebih dari 50%, penerapan aplikasi peduli lindungi di obyek wisata, penutupan fasilitas umum dan larangan arak-arakan di malam tahun baru.


Penulis Joko Priyono Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

Ir. H. Joko Widodo

Masyarakat disarankan untuk mengenakan masker kain yang dapat dicuci dan dikenakan berkali-kali. Untuk masker medis seperti masker bedah dan N-95 saat ini dipriotiraskan bagi dokter dan paramedis.

Konsultasikan jika mengalami gejala.

Bantu program ini dengan cara konsultasi apabila mengalami gejala, sayangilah keluarga dan saudara anda.